Wanita Jelang ‘Kepala Tiga’? Jangan Panik!

Wanita Kepala Tiga? Jangan Panik! | Renungan Harian

Banyak orang yang panik saat usia mencapai kepala tiga dan belum juga menikah. Kecemasan ini lebih sering dirasakan oleh para wanita. Pertanyaan-pertanyaan seperti, ‘Kapan menikah?’ dari kerabat dan teman pun mulai berdatangan. Sehingga Anda merasa sangat terganggu dan hanya menebarkan senyum maklum atau sedih karena merasa tersudut. Untuk mengatasi kepanikan ini, berikut 6 tips untuk menghadapi masa-masa menjelang kepala tiga.

Tetap Melihat Ke Depan
Tunjukan ketegaran meski belum menemukan pasangan yang tepat. Jangan mengelabui diri sendiri dengan pemikiran bahwa Anda bisa belajar mencintai seorang pria, walaupun baru bertemu. Keputusan terburu-buru bisa membuat hidup Anda jadi lebih buruk dari keadaan Anda saat ini.

Percaya Diri Dan Buka Mata
Tetap percaya diri, itulah yang paling penting untuk Anda saat ini. Jangan terlalu berhasrat untuk menikah. Dan jangan memilih pasangan untuk menyenangkan seseorang yang lain.

Walaupun lingkungan terus mengganggu, jangan jadikan ini sebagai beban dalam pikiran. Yakinkan pikiran Anda untuk selalu jernih dan siap. Kembangkan pemikiran bahwa hidup tetap harus dilanjutkan walau sudah menginjak usia 30 tahun. Jangan pernah merasa gagal karena Anda belum menikah.

Anggaplah bahwa hidup yang menarik baru saja akan dimulai. Jauhkan pikiran bahwa Anda sudah terlambat dan harapan sudah pupus. Tetap lakukan hal-hal positif dan buka mata lebar-lebar terhadap sekeliling Anda. Coba pikir lagi, jangan-jangan selama ini Anda memang orang yang tertutup alias tidak mau membuka diri. Kalau ya, bagaimana jodoh akan mendekati Anda?

Sabar
Sabar adalah sikap yang sangat bijaksana. Jangan pernah memaksakan kehendak untuk lekas menikah sampai Anda mengenal diri Anda dengan baik dan mengenal dengan baik pula siapa pasangan Anda. Jangan menikah dengan seseorang sampai Anda mengenal dia dalam banyak hal. Anda dapat membuat prediksi yang jauh lebih tepat tentang seberapa banyak Anda akan menikmati pernikahan dengan seseorang jika dasar pengalaman bersamanya cukup luas.

Tetap Menjaga Kebugaran Fisik Dan Mental Anda
Jaga dan rawatlah diri Anda dengan banyak-banyak berolahraga, agar bugar dan sehat dalam iman. Perubahan ini tentu akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan percaya diri. Bila Anda menghargai diri sendiri, tanamkan selalu dalam pikiran bahwa tidak menikah bukan berarti kehidupan Anda berakhir.

Buatlah Diri Anda Bergairah
Lakukan banyak kegiatan. Jangan hanya tinggal berdiam diri di rumah, merenungi nasib, nonton tv atau mengurung diri di kamar sembari membandingkan hidup Anda dengan orang lain. Ini akan membuat Anda makin tertekan dan merugikan diri Anda. Gairahkan hari-hari Anda. Buat rencana-rencana menarik bagi hidup Anda. Mengaktifkan pikiran dengan sesuatu yang membuat Anda bergairah, merupakan terapi yang baik untuk mengurangi rasa depresi yang sedang melanda pikiran Anda. Lakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan.

Perluas Pergaulan
Tambah luas tambah baik. Perkenalan bukan difokuskan untuk mencari pasangan hidup, tetapi untuk bersahabat. Ini lebih meringankan suasana perkenalan, baik bagi Anda maupun buat pasangan hidup kelak.